Catatan Telat Akhir Tahun

Halo :) Pas lihat tanggal, ternyata ini udah 2015. SELAMAT TAHUN BARU!
Walau telat, tapi nggak apa-apa, dong ~tsahh
Lihat blog archieve, aku termenung. Selama dua bulan aku nggak posting apa-apa ternyata. Dan semoga tidak ada yang merindukan aku. Halah. Apa pentingmu sih?!
Oke, sebenarnya tulisan ini lebih ngeh kalau diposting pas tahun baru kemaren. Tapi karena kondisi tidak memungkinkan (karena ketika tahun baru kemarin justru disambut dg TO PEMDA 2 yang cukup gila) maka sekaranglah aku memperoleh kesempatan ini.
Kenapa lebih tepat diposting pas tahun baru? Karena ini semacam evaluasi gitu Bukan evaluasi untuk diriku sendiri sih, tapi untuk proyek-proyek menulisku, baik yang sukses rampung, mangkrak, atau bahkan gatot. So, ini dia!

1. AX4E 
Boleh dibilang, ini proyek yang paling berharga. Betapa untuk menyelesaikannya butuh perjuangan yang mahadahsyat. Bertempur dengan kemalasan, kepesimisan, dan kondisi lingkungan sekitar. Rencananya, cerita yang ada di AX4E aku buat berbeda. Lebih waw. Karenaini menuturkan filosofi bentuk molekul tetrahedral terdistorsi/ see saw /jungkat-jungkit. Halah.
Bahkan aku nggak yakin waktu itu bisa menyelesaikan proyek ini atau enggak. Nggak tahu kenapa, setiap aku meneruskan kalimat-kalimatdan menyusun paragraf demi paragraf dalam novel ini rasanya sulit. Novel ini aku mulai sekitar awal Januari 2014. Dan akhirnya aku nemu ending, nemu jalan cerita yang lebih pas, dan berhasil menyelesaikannya sekitar... kapan ya? Sekitar bulan Juli kalau nggak salah.
Dan sekarang, naskah itu ada di meja redaksi penerbit yang menerima naskah Catatan Senja-ku. Pihak sananya juga belum pasti sih nerima naskah itu atau enggak. Hanya diberi masukan dan bilang insyaallah ketika kutanya keputusan diterima / enggaknya.

2. #AkuKuduPiye 
Tulisan ini jenisnya non fiksi. Berisi tentang kiat-kiat yang harus dilakukan para pelajar ketika ditimpa berbagai masalah gitu. Masalahnya juga random. Dan aku tahu kenapa naskah itu ditolak penerbit : terlalu dangkal dan kurang unik.

3. Be Up
Sebenarnya proyek ini awalnya cuma buat nyoba aplikasi menulis bernama 'yWritter'. Secara garis besar aplikasi itu bisa memudahkan kita buat nulis secara terstruktur. Dari mulai merancang cerita, mendeskripsikankarakter berikut riwayatnya, nyusun outline, adegan-adegan, dan nulis cerita secara utuh, ada tempatnya masing-masing. Dan dalam waktu relatif singkat, cerita itu berhasil aku selesaikan.
Dan aku rasa, bahasa di novel ini agak beda. Terlalu kaku. Makanya, Moka nolak naskah ini setelah aku menunggukeputusan selama 5 bulan. Lama banget. Tapi aku paham. Untuk yang ini, gaya berceritaku emang agak buruk.

4. Forgetting You 
Berawal dari ajakan seorang teman, untuk pertama kalinya aku nulis di wattpad. Jujur, waktu pertama kali nulis ini dan aku post di situs wattpad, aku belum tahu hendak ke mana cerita ini aku bawa. Masih blur. Kalau ending udah sih, cuma plotnya aja. Alhasil, tulisan itu nggak fokus, mbleber ke mana-mana.
Sampai sekarang, proyek itu mangkrak dan ter-PHP. But, aku cukup seneng. Karena Forgetting You, aku berhasil membuat Imam dikenal orang, walau cuma di kalangan beberapa temenku. Akhirnya, Imam bener-bener jadi Imam karna punya makmum yang sesungguhnya. (Halo para makmuum! XD)
penampang karyaku di wattpad

5. AAT 
After a Trouble. Ini naskah yang aku ikutkan di Lomba nulisnya Noura.
Hasilnya?
Nggak ada yang juara (bisa dilihat di situs penerbit noura). Kecewa sih pasti. Pasalnya, baru kali ini aku nulis dengan hati, dengan tekad penuh kesungguhan. Betapa untuk menyelesaikan AAT ini, ahh.. kau tak tahu betapapayahnya aku. Kalau naskah ini diterima penerbit, aku bakal ceritain secara lengkap lika-liku naskah ini. Halah.

6. YARN2014 
Tahu dong event menulis yang diadakan Ice Cube ini. Tapi, aku gagal mengikutinya. Energi menulisku terkuras habis buat nylesein naskah AAT. Beruntutan, bok! Sekarang, naskah itu sedang aku tulis. Dikit-dikitlah,kalau lagi bosen belajar.

7. #NYASTRA 
Ini sih kepingin doang (nyastra adalah sayembara menulisnya diva). Baru nulis adegan-adegan yang mungkin terjadi dan udah mulai, walaubaru beberapa halaman. Dan nggak tahu tulisan itu bakal kusentuh lagi kapan. Tapi aku suka kok cerita yang ada di novel ini. Jadi kemungkinan untuk dilanjut besar (bahkan kalau Allah mengizinkan pasti). Ceritanya berbau religi, motivasi, dan sedikit komedi yang menginspirasi. Semoga naskah ini juga sukses. Amin

YAP! itu dia proyek-proyek menulisku di tahun 2014. Boleh dibilang, di tahun kemarin aku lebih berani. Ikut beberapa event dan proyek antologi. Mulai dari #RebelWithACause sampai #MyPassion-nyaharfeey. Alhamdulillah, tulisanku terpilih di dua antologi itu. Semoga tahun ini novelku bener-bener terbit. AMIN!

Komentar

  1. Akhirnya ngeblog lagi. :D

    Semoga naskahnya diterima dan bisa segera terbit ya.. Aamiin.
    Ayo lebih semangat lagi ngeblognya!

    BalasHapus
  2. are you waiting mapost kak? *pede
    amiiiiin, Terimakasih!
    Selalu semangat kok, cuma keadaan aja yang bikin aku nggak rajin. halah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SO7 : Pertama dan Selamanya

FREEDAY OR ANIDAY WHATEVER

Nggak Penting~