Kedekatan Kimia


Writed By : Zayan Nur Ansito Rini
 

Hampir di setiap aktivitas kita sehari-hari, kimia selalu dekat dengan segala aktivitas kita. Ketika kita bangun pagi, kita langsung ke kamar mandi dan “menyikat gigi”. Saat kita mengenakan pakaian, tak jarang kita semprotkan “parfum” agar bau apek tak begitu menyergap. Saat kita sarapan pagi, kita tentu “mengkonsumsi” berbagai “makanan”.

Semua aktivitas yang bertanda petik merupakan aktivitas yang berhubungan dengan kimia. Mulai dari menggosok gigi. Kita menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi merupakan hasil dari perkembangan ilmu kimia. Dengan percobaan dan pengamatan yang dilakukan para ahli, akhirnya terciptalah sebuah pasta gigi yang kita gunakan untuk gosok gigi saat ini.
 

Juga ketika kita memakai parfum. Parfum juga salah satu produk yang dihasilkan karena penerapan ilmu kimia. Dengan proses dan percampuran zat-zat dengan komposisi serupa, maka teciptalah pewangi yang dapat kita gunakan untuk menyegarkan bau pakaian.


Saat kita mengkonsumsi makanan, kita sedang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kimia pula. Makanan dapat tersaji karena adanya proses memasak yang di dalamnya terdapat proses pembakaran bahan bakar (minyak/gas). Dan saat kita mengkonsumsinya, makanan tersebut akan mengalami proses kimia pula. Sehingga reaksi pembakaran bahan makanan dengan oksigen yang kita hirup dalam tubuh kita, akan menghasilkan energi yang kita gunakan sehari-hari. Berkat energi tersebut, kita dapat menjalankan segala aktivitas dengan lancar.


Begitulah. Kimia amat dekat dengan kehidupan kita. Dengan mempelajari kimia, kita dapat mengembangkan segala sesuatu yang menjadi keperluan manusia di dunia. Degan kimia pula, kita dapat ikut serta dalam mengatasi segala masalah yang terjadi di bumi. Baik berupa pencemaran, maupun segala sesuatu yang membahayakan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SO7 : Pertama dan Selamanya

FREEDAY OR ANIDAY WHATEVER

Nggak Penting~