Pertapa Wiradaya 2012

Pertapa Wiradaya
“Teguh Hati Bakti Diri Ikhlas Mengabdi Ibu Pertiwi”

Assalamualaikum...
Wola... pada kesempatan kali ini, ane mau sharing, nih! Ciaaahhh... disimak atau kagak itu terserah antum J. Dikunjungin aja uda makasih! Hihi. Maklum... ana bloggist baru (Ngaco nih... bloggist apaan?). Udah deh, ya!
Pada Hari Sabtu, 10 November 2012 (dah kadaluarsa, ya?) aku ikutan PERTAPA WIRADAYA. Hah?? Apaan, ntu? Ada yang tahu?? Haha... itu tu sebenarnya singkatan. Kepanjangannya perjalanan tapak tilas para pejuang, perwira budaya. Eehhh... ngaco! Beneran itu ngaco! Ane lupa! Hihi. Bukan! Pokoknya bukan itu. Ya intinya, perjalanan yang dilaksanakan dengan maksud mengenang perjuangan para pahlawan. Yang mana di daerah ane itu Jendral Soedirman. Dan rutenya juga dilewati Jendral Soedirman waktu perang gerilya. Tujuannya  gubug pramuka imogiri, di mana Jendral soedirman pernah singgah di sana. Jadi ane kudu jalan dari Paseban (Nggak tahu, ya? Duh... gimana sih lu, gan! Kantornya Bupati Bantul, itu! Tahu Bantul kagak?? Yaelahhh....) menuju desa Wukirsari, Imogiri. Itu event ter-WAWW yang pernah ane ikutin, coy! Dari motonya aja uda keren. “Teguh Hati Bakti Diri Ikhlas Mengabdi Ibu Pertiwi”. Wuuhhh... keren banget nggak tuh!? Pastilah! Event ini, yang ngadain Kwarcab Bantul. Of Course! Ini gerakan Pramuka. Yang diikuti siswa SMA se-Kab. Bantul. Wettsss! Tapi nggak semua... hanya orang-orang terpilih saja yang ngikutin ini. Wkwkwk... ane narsis, ya! Enggak lho... ana Cuma ditawarin. Hehe. Setiap sekolah berpartisipasi harus mengirim 2 sangga yang terdiri dari 5 putri dan 5 putra. Dan ane adalah salah satu dari mereka. Jiaahhh....
Pukul 06.00 WIB ane uda stanby di Paseban, di depan pegadaian. Uuuh... masih sepi, sob! Ana terlalu rajin apa, ya?! Beneran... di sana baru ada ane dan Aba ane, seorang nggak tahu siapa berpakaian seperti diriku, Pramuka. Terlihat di lapangan sedang ada persiapan upacara. Hari itu kan hari pahlawan, sob! Jadi nanti UPB dulu.
Tak lama kemudian, anak Pramuka mulai berkeliling di sekitar lapangan. Temen ane udadateng, ni! Namanya Adik. Aba ane juga uda dateng. Bawain ane air mineral. Tapi... masak ane dibawain air mineral yang botolnya mini isi 350 ml sih. Nggak lucu banget, kan! (_“) wahh... aba, ni! Aba-aba aja! 4 hari nggak bakalan tahan. Ya wis, lah! Kasihan Aba. Kebur kerja soalnya. Ane nyusahin, ya! Temen ane dateng satu lagi. Almas namanya. Dia muring-muring ngeliat tas-tas semua orang termasuk kami kagak njebubuk. Padahal tasnya pating trembel barang bawaan mulai dari tikar dan baksos. Pun masih ditambah tas kecil melintang di tubuhnya. Wkwkwk. Dan finally, anggota kami komplit. Next, kami menuju tempat berkumpul peserta pertapa. Kemudian kami UPB di bawah terik mentari yang amat menyengat.
Usai UPB, peserta berkumpul untuk pengarahan dan juga pembagian LO (pengawas). Kemudian kami berjalan. Beramai-ramai dan adu kekompakan. Yah... begitulah. Tujuan hari pertama adalah KORAMIL Kretek. Kretek, sob! Rumah gua, ntu! Namun, kami harus melewati pos-pos yang ada terlebih dahulu. Dan alamat harus nyari sendiri. Kalau nggak nglewatin pos, yah... poinnya di kurangi. Denger-denger, jajan juga katanya. Jadi bener-bener diawasi tu. Biar kaya pahlawan dulu paling, ya!? Hihi :D
Akhirnya, sampai di koramil Kretek. Sekitar pukul 16-an. Padahal denger-denger, sangga putra SMA kami, nyampenya uda sejak tadi jam 13-an. Waw banget, yah! Emang... kami lemot. Hehe. O ya... tadi ana lewat SMP ana sob! Adik-adik ana lagi pramuka. Hiks! Hiks! Jadi rindu. Eehhh... ini acara pertapa... bukan nostalgia. Heh! Kembali ke koramil Kretek. Aku, Almas, Adik, Mutia, dan Mbak Niken nyari tempat. Tenda sudah didirikan. Tinggal make. Hehe. Almas langsung tepar! Aku sama Mbak Niken ke kamar mandi Mushola. Mandi dulu, sob!
Setelah mandi dan juga sholat, kami istirahat di tenda. Bareng sam anak-anak SMA yang lain. Di sini pokoknya nambah deh temennya. Berbincang-bincang , bercanda, dan bersuka ria bersama. Pokoke yeehhh bangettt.
Hari kedua, kami bangun. Tanpa membangunkan Almas. Dia terlalu lesu dan capai. Dengan langkah kaki terseret-seret, kami mencari air untuk masak mie sama energen *uups! Nyebut merk*. Adzan belum kedengeran, tuh! Padahal kalo dirumah, beehhhh... masih ngiler! (ehhh!!?). Setelah mateng, kami makan tuh masakan. Nggak kebayang dah rasanya campur bau parafin. Seenggaknya untuk bertahan hidup. Wkwkwk.
Kami berjalan lagi. Kali ini menuju jembatan kuning, Imogiri. Dengan tenaga yang ada, kami going. Tak perduli walau kaki nyerinya seperti apa. Tak perduli walau panas sangat-sangat memanggang kami sampai gosong dah. Hahhh... terus maju! Bak Jendral Soedirman dan pasukannya ketika bergerilnya. Ckckck... wah banget, kan?!
Di hari kedua ini, banyak korban berjatuhan. Lho?. Sebagian kelompok, angggotanya mulai berguguran. Tidak kuat lagi untuk melanjutkan. Sehingga dievakuasi oleh panitia. Punya kami? Wuuhhh... utuh! Tapi, sampai di jalanan yang mulai menanjak, hmmm... Mbak Niken, sob! Ketua kami itu, dibawa panitia karena sakit. Nafas dan hawa tubuhnya terasa panas ketika aku mendekatinya. Yahhh... cepat sembuh ya, Mbak! Get well soon! T_T
Dan akhirnya, ciaaaatttt! Sampe juga di Jembatan Kuning. Bahhh... kami langsung cari Masjid or Mushala buat Ashar. Biasa, anak alim! *Amin!*. Sesuatuk banget kan!? *narsis*. Kami sebrangi jembatan. Menyusuri jalan dan rumah warga. Ku lihat panorama di sekitar. Bener-bener, sob!! Uuiiiiinnnndduaaaaahhhh buuaanngeeetttt! Deretan pegunungan yang berbaris mengitari tempat ku berdiri. Dan di kakinya, mengalir gemericik air sungai yang beningnya minta minum (ehh!). Batu-batuan dan gua yang menempel dan berpose dengan gagah diantara sela-sela pepohonan di pegunungan itu. Dateng sendiri deh, gan! Ane males nggambarinnya. Hhe... :P
Malamnya, kami harus tracking menuju Desa Dlingo. Kami berangkat bakda magrib. Ampe ana lupa tuh magribnya di mana. Seingat ana, pokoknya wudhu di sungai. Entah sholat di mana. Di alam terbuka kali, ya?! Setelah itu, semua peserta dengan langkah yang mantap, mendaki untuk menuju tempat itu. Pemberangkatannya yang putri dulu, baru yang putra. Akhirnya sangga kami berangkat. Bismillah. “Semangat, semangat!” ucap salah seorang anggota sangga putra dari SMA-ku. Kami langsung meluncur. Mengikuti langkah panitia yang berjalan begiu cepat. Kagak ada istirahat sob. Ya ampun... batuan semua tuh! Pokoknya Alahuakbar!
Keringat mengalir menganak sungai. Kalo digalonin bisa dipake buat persediaan minum sebulan tuh (wekksss.. alay!). Pokoknya naik dan naik. Entah berapa aku melompati peserta yang berjatuhan lantaran tidak kuat lagi. Dan tak jarang aku meneguk air sambil berdiri. Sambil jalan malah. *ampuni aku Ya Allah... Maapin ya, Ya Rasul*. Begitu deras peluh meluncur. Dan haaahhhhh.... sampe juga akhirnya!! Baru aja sampe, uda dikagetin sama peserta yang kesurupan. Semua terkapar dan berjatuhan di depan rumah -Pak Lurah- di atas tumpukkan dedaunan yang kering. Tak perduli yang penting istirahat. Sedangkan aku dan Almas bergegas untuk sholat Isya. Untung deh tu. Cuman sampingnya.
Pagi harinya, kami menjalani aktivitas di desa itu. Berbaur dan bersosialisasi dengan warga sekitar. Mereka ramahhh.... orang tadi tuh, pas jamaah subuh, ana kan kagak pake sajadah tuh... masak diambilin . ya elahhh... bae banget deh pokoknya. Malah pagi-pagi waktu cari warung, tapi nggak dapet, ditawarin mandi ke rumahnya! Wah... makasih banget deh buat warga desa Dlingo. Makasihhh ^^” maapin ya kalo kite-kite ngeganggu+ngrepotin. Hhe
Sore harinya, diadakan pensi. Seru and gokil abisss! Pokoknya sepanjang pensi, gigi ana perform terus! Lucuuuhhh buangeedd. Apelagi yang drama tuh. Keren, dah! Jempol buat mereka. Dan ketika giliran sangga kami, bahhh.. *garing*. Nah... pas sangga putra SMA kami... hiks! Hiks! Bikin mewek dah tuh! Terharu gue! Puisinya nice banget. Membuat semua yang ada di situ hening, diam dan terkesima. Apalagi diakhir pake nyanyi darah juang segala lagi. Bener-bener mewek dah tu! *nangis koar-koar*
Dan setelah itu, malam tiba. Tidur, ehhhh pagi lagi! Kami langsung bergegas untuk melanjutkan perjalanan menuju Wukirsari. Yehhhh... finishnya, ntu!  Semua berpamitan pada warga dan mulai mendaki lagi. Sama kayak kemaren, naiiiiikk terus!  Tapi ini masih mendinglah! Mulus jalannya. Oiya, sob! Kami uda kehilangan satu anggota kami. Iyaa... Almas. Katanya dia mau ikut ulangan. Hmmmhhh... anak rajin. Sempet sedih aku. Padahal dia yang bikin aku, yang menemaniku buat sholat tepat waktu. Dialah yang menyeretku dan menemaniku ingat pada yang di atas, ketika yang lain lalai. Udahla... yang penting ini uda hari terakhir. Titik! Pokoknya besok ana uda di rumah kok! Tenang aja.
Setelah berjalan hampir setengah hari tanpa istirahat *istirahat si... tapi cuman sebentar*. Akhirnyaaaa sampe Wukirsari. Udah ya... sampe di sini aja. Ana uda capekkk! Intinya, ana dapet pengalaman yang begitu amazing dan WOOWWW banget. Dan pastinya, susah dah buat nglupain. (kurang kerjaan nglupain yang begituan!)
Begitulah... makasih deh ya. Salah-salah kata mohon maaf. Wassalam :D

Komentar

  1. siiip..... pengalaman adalah guru yang terbaik... lanjutkan...!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SO7 : Pertama dan Selamanya

FREEDAY OR ANIDAY WHATEVER

Nggak Penting~